Cara Install Windows 7 Di Asus X455L [Sukses]

asus x455l
Beberapa minggu lalu saya menemui trouble yang lumayan sulit saat penginstalan windows 7 di laptop Asus X455L Series. Lumayan sulit karna saat saya mencari penyelesaiannya di mbah google, ternyata semua cara yang ada di sana tidak work. Tapi akhirnya saya bisa menemukan caranya sendiri yang akan saya ulas di blog ini.

Laptop Asus X455L Series ini sudah menggunakan BIOS UEFI dan hanya bisa di install windows 8. Begitulah yang diharapkan vendornya. Itulah sebabnya Laptop Asus X455L Series ini hanya menyediakan driver untuk windows 8 saja di box pembeliannya.

Tapi pasti ada caranya untuk bisa menginstall windows 7 di laptop Asus X455L Series ini. Saya coba langsung saja tancapkan bootable USB flashdisk windows 7 yang biasa saya pakai, restart, tekan F2, masuk BIOS dan memilih opsi boot override langsung dari USB flashdisk tersebut.
Proses pertama berjalan lancar, lalu sampai di proses masuk penginstallan di harddisk muncul pesan kesalahan seperti berikut:

A required CD/DVD drive device driver is missing. If you have a driver floopy disk, CD, DVD, or USB Flash Drive, please insert now.

Saya sudah coba cabut dan colokkan kembali flashdisknya dan booting ulang, ternyata masalahanya tidak solved.

 

cara install windows 7 di laptop asus x455l series

 

Saya pikir installernya rusak karna virus, lalu saya membuat bootable USB windows 7 baru dan saya coba install ulang, tapi masalahnya tetap tidak solved. Saya mulai browsing di mbah google, katanya format hardisknya  harus di rubah dari GPT ke MBR. Saya pun mengikuti caranya dan coba install kembali, ternyata masih saja mengalami masalah seperti itu. Sekarang hardisk saya malah terformat dan semua data terhapus termasuk windows 8 yang lama. Untung data-data penting sudah saya backup.
Kemudian saya juga sempat flashing BIOS Asus X455L ini pakai versi terbaru, tapi windows 7 tetap tidak bisa terinstall.
Saya sudah coba segala cara dari mbah google dan windows 7 tetap tidak bisa terinstall di Asus X455L Series ini. Saya putus asa, akhirnya saya download installer windows 8, ya kira-kira 4,5GB lah. Mau bagaimana lagi, sekarang windows 8 yang lama sudah terhapus, sedangkan windows 7 nya tidak bisa terinstall. Saya juga tidak punya installer windows 8.
Untungnya koneksi dari modem MIFI Smartfren Andromax M2Y lumayan kenceng. Ya udah saya putuskan untuk download installer windows 8. Saya tunggu sampai 2 jam proses download belum juga selesai. Karna bete saya coba kutak-katik lagi pengaturan di BIOS Asus X455L ini. Eh.. Setelah itu secara ajaib windows 7 bisa terintall di Asus X455L ini. Haha

 

install windows 7 asus x455l work

 

Berikut setingan BIOS Asus X455L yang saya rubah. Oh ya versi BIOS yang dipakai adalah 2.17.1246.
Masuk ke tab “Security”, lalu pilih “Secure Boot Menu”

 

cara install windows 7 asus x455l work

Lalu Disable “Secure Boot Control”.

install windows 7 asus x455l

Masuk ke Tab “Boot” dan Enable “Launch CSM”

install windows  asus x455l

Terakhir masuk ke Tab “Advanced” dan pilih “USB Configuration”

install windows  asus x455l

Ubah setingan di sana menjadi sebagai berikut:

Legacy USB Support = Auto
XHCI Pre-Boot Mode = Smart Auto
USB Mass Storage Driver Support = Enable

install windows  asus x455l

 

Setelah semua langkah selesai. Silahkan coba install kembali windows 7 nya, Saya sendiri telah sukses menginstall windows 7 di laptop Asus X455L ini. Memang ada beberapa driver yang tidak support, meskipun saya sudah menggunakan driver pack “Easy Driver” yang biasa saya pakai. Tapi so far tidak ada permasalahan yang terjadi di laptop seperti tidak detect USB ataupun tidak detect WIFI contohnya.

Tinggalkan komentar